Materi Kepemanduan 1 ^Tata Krama @ Kampus^

Posted: October 18, 2011 in Artikel Kepemanduan

Assalaamu’alaykum..

Hallo kawan-kawan? Gimana punya kabar? =)
Kali ini penulis ingin share materi kepemanduan. Nah untuk pertemua pertama ini, kami(Kepemanduan 12/ Spytwin) mendapat materi tentang “Tata Krama di Kampus”. Kepemanduan pertama kami dibimbing oleh pemandu yang lengkap yakni Mas Adit (Aditya Nugroho) dan Mas Rana(Fradyarana). Kami kumpul di Taman MIPA.

Saat itu kami diajari agar kami disiplin. Kita harus membudayakan yang namanya disiplin. Kakak pemandu tidak hanya omdo (omong doang) tapi memang udah beliau buktikan, contohnya pada pertemuan kepemanduan ketiga. Kami kumpul di Radja Penyet jam 18.30 dan sewaktu penulis tiba (jam 18.30an) sang kakak sudah tiba di sana d^^b.

kumpul pertama kami membicarakan bagaimana etika kita kepada dosen, cara menelephon, dan SMS. Jadi sebaiknya sebelum kita menelephon dosen kita SMS dahulu bersediakah di telephon (ya kan dosen banyak acara, jadi sebaiknya kita mengetahui kesiapan dosen untuk kita telephon, jangan sampai pada saat beliau ada rapat trus hapenya bordering-dering karena kita telephon –yang akan membuat beliau tidak nyaman-).

Kalau mau SMS yang harus kita lakukan ialah mengucapkan salam (terserah deh kek apa yang penting sopan dan ya liat karakter dosen ajalah), mengucapkan maaf karena kita telah mengganggu(menyita) waktu beliau, memperkenalkan diri(nama, kelas, dan semester berapa), isi SMS, mengucapkan terimakasih.

Untuk hal di atas penulis jadi teringat sesuatu, yakni 3 kata megic yakni maaf, terimakasih, dan… (kok penulis lupa ya satunya apa, hhe ^^V, yang tau komen ya, hhe).

Di sana kita bias sharing sama kakak pemandu. Tanya-tanya boleh. Waktu awal dulu penulis bertanya-tanya sebenarnya untuk apa sih kepemanduan itu. Nah terjawab sudah, kepemanduan yang akan memandu atau membimbing kita sewaktu kita menjadi orang baru yang memasuki dunia baru. Katanya sih kepemanduan berjalan satu semester, tapi entahlah penulis juga kurang tau.

Saat itu penulis juga bertanya bagaimanakah karakter dosen-dosen yang mengajar kami. Kakaknya dengan baik menjelaskan bagaimana karakteristik dari tiap-tiap dosen kecuali yang belum pernah mengajar beliau.

Sepertinya sekian dulu yang dapat penulis ceritakan. Kalo ada kekurangan mohon ditambahi dan jika ada kelebihan mohon dibagi-bagikan, hhe.

Wassalaamu’alaykum ^^

By: Masdhiana S.

Advertisements
Comments
  1. adityaundip says:

    oke terimakasih de dah mau posting…semangat ya…

  2. Sekar SAe says:

    Pasti Masdhiana yang bikin 😉

    • spytwin says:

      hhe, ih mbak Sekar tau aja deh. 100 buat mbak sekar, 1000 buat kami. ditunggu kritik dan sarannya ya mbak, untuk perbaikan kami ^^ makasi udah mau mampir dan komen ^_^

  3. rezarion says:

    Subhanallah..
    bagus bgd nih artikel..
    apalagi jika terealisasi di lingkungan kampus..

    sayang, kebanyakan mahasiswa jaman sekarang, kurang paham tentang sopan santun, klo dlm bahasa jawanya “unggah-ungguh”, hhe..

    budayakan senyum, salam, sapa.. #halah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s